WelCome To Our Blog.........( KwugRoupSeven )

Gado-GAdo Info ada disini Smua........

Rabu, 13 Oktober 2010

cicip-CiCip Makanan kHas ACEH yu'....



1. marTabaK Aceh...

apa sih Bedanya sama martabak biasa?? klo martabak aceh tu....
Bentuknya lebih mirip telur dadar ketimbang martabak telur yang selama ini kita jumpai.
Berbeda dengan martabak telur yang umumnya dijumpai di tanah Jawa. Martabak Aceh tidak memiliki kulit. Telur langsung diaduk dengan bahan-bahan dasar  yang terdiri rajangan daun kol, bawang bombai, daun bok (daun bawang khas Aceh), dan cabe rawit. Semua bahan dikocok dengan telur, dipadu dengan garam dan merica. Daging cincang? Maaf, di martabak Aceh, bahan ini tak ada.
cara masaknya??
Pertama adonan tepung digoreng dahulu hingga berbentuk seperti Roti Cane berbentuk segi empat. Setelah adonan “Cane” ini cukup garing, barulah kocokan telur dan rajangan daun bawang dituangkan ke atas “adonan kulit” tadi hingga kocokan telur tadi membungkus adonan Cane.
Nah, inilah sebabnya kenapa martabak ini dinamakan Martabak Terbalik, karena adonan yang seharusnya menjadi “kulit”-nya justru malah dibungkus kocokan telur.
Kocokan telur membungkus adonan tepung, bukan adonan tepung membungkus kocokan telur. :D
Sekilas bentuk martabak ini mirip telur dadar atau omlet.
Martabak Aceh disajikan dengan pacri bawang merah, cabe rawit dan mentimun.
gimana? penasaran mencoba?...
2. mie aceh

pasti udah sering denger kan makanan yang satu ini....
yap, mie aceh...
sudah pernah mencicipi mie yang satu ini???
Mie Aceh sama seperti mie-mie dari daerah lain, menggunakan bahan dasar mie kuning yang gede-gede. Bedanya adalah di bumbu penyedap dan pernak-pernik makanan pendampingnya. Mie Aceh ini ada beberapa pilihan memasaknya, seperti digoreng, direbus, ditumis, dll, tetapi soal rasa adalah sama yaitu penuh dengan nano-nano rempah-rempah asli Nusantara. Pedas jelas, karena mrica maupun bahan rempah-rempah lain yang khas Aceh. Sebagai teman mengudap mie Aceh, biasanya disajikan emping, potongan bawang merah yang sudah dimasak, kacang dan timun. 
ingin thu rasanya???
silahkan mencicipi...

3. timpan...???

pernah dengar kata thimpan???mungkin terdengar aneh ya???
emang apaan sih?

 Timphan adalah kue/hidangan khas Aceh disaat lebaran/hari raya baik hari raya Idul fitri maupun Idul Adha, Timphan ini dibuat 1 atau 2 hari sebelum lebaran dan daya tahannya bisa mencapai lebih kurang seminngu,Timphan adalah menu hidangan utama buat tamu yang berkunjung kerumah saat lebaran.

Bagi orang Aceh baik yang berada di Aceh sampai seluruh dunia tiada yang tidak mengenal ama kue/adonan yang satu ini,karena sudah menjadi tradisi turun temurun dan rahasia umum di Aceh bahwa yang namanya Timphan setiap ibu-ibu atau wanita di Aceh bisa membuatnya.

Timphan yang merupakan makanan lembek berbalut daun pisang muda ini yang paling terkenal adalah Timphan rasa srikaya. Sebelum menjelang lebaran bisanya ibu-ibu sudah menyiapkan daun pisang muda baik memetik di kebun atau beli dipasar.

Saking terkenalnya Timphan ini di Aceh, sehingga banyak ungkapan/pribahasa dengan kata Timphan diantaranya yaitu “Uroe goet buluen goet Timphan ma peugoet beumeuteme rasa” ( Hari baik bulan baik Timphan ibu buat harus dapat kurasakan).


Adapun bahan-bahan dan cara membuatnya sebagai berikut, tergantung seberapa porsi yang diinginkan , dibawah ini kita ambila bahan untuk 15 porsi (1 porsi lebih kurang sama dengan 114 kalori ):

Bahan :

Pisang raja dihaluskan 250 gram
Tepung ketan 200 gr
Santan kental 2 sdm
Air kapur sirih 1 sdm
Garam1/4 sdt

Isi :

Telur ayam 2 butir
Santan kental 50 ml
Gula pasir 100 GR
Nangka masak cincang kecil 25 gr
Tepung terigu ½ sdt
Daun pandan 1 lembar
Kelapa muda parut halus 50 gr
Vanilli ¼ sdt.

Cara membuatnya :

1. Campurkan semua bahan dasar dengan cara aduk tepung ketan dan pisang yang sudah dihaluskanserta masukkan santan,air kapur dan garam hingga tercampur rata,adonan ini digunakan untuk kulit.

2. Kocok telur dan gula hingga kental dengar mixer atau sejenisnya (sebelum ada mixer dulu ibu-ibu di Aceh ngeremas pake tangan) lalu masukkan tepung terigu dan santan kental, aduk hingga rata,tambahkan nangka masak yang sudah dicincang kecil-kecil dan kelapa muda parut halus lalu beri daun pandan, masak sampai kental,kemudian angkat beri vanilli lalu aduk rata lagi. Setelah matang dinginkan dan gunakan sebagai iosi timphan.

3.Ambil daun pisang muda yang telah dipotong –potong sesuai untuk satu ukuran timphan olesi dengan minyak lalu tipiskan adonan kulit tadi diatas daun kemudian beri adonan isi terus digulung, dibungkus seperti gambar di atas, kukus hingga matang selama lebih kurang 10 menit.

silahkan menikmati...
 sudah kenyang dengan mencicipi makanan aceh....rasanya ada yang kurang ya???
yap...pasti menunggu minuman yang juga khas aceh...





tw gak ini minuman apa?? es timun...yap ini adalah minuman khas aceh...
Ingin mencoba minuman yang lain dari biasanya untuk melepas dahaga??  es mentimun khas Aceh, rasanya yang tawar tapi segar mampu membasahi tenggorokan dan pemuas dahaga.Selain itu, mentimun juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Bikinnya nggak ribet dan nggak pakai lama, nih bahan dan caranya:
Bahan
Es batu;
2 buah mentimun, serut, boleh sertakan bijinya kalau suka;
Selasih (opsional).
Sirup limau
500 ml air putih;
100 gram gula;
1 buah jeruk limau, peras.
Cara membuat sirup limau: panaskan air, masukkan gula dan air perasan jeruk limau. Tunggu sampai gula larut, lalu dinginkan.
Penyajian: masukkan es batu, selasih, dan serutan mentimun di gelas, tuangkan sirup limau di atasnya.
diambil dari: http://photoblog.web.id/2010/es-mentimun-khas-aceh.php

1 komentar: